KERIS

6 08 2009

Mengenal jenis pamor keris

Pamor adalah perwujudan putih keperak perakan yang memancarkan sinar yang mengkilap, berada di tengah tengah atau di seluruh badan keris ada juga yang sampai di besinya adapun perbedaan perbedaan pamor keris atau dalam pekerisan di sebut awak awakan keris perbedaan pamor setelah tergambar di badan atau awak-awakan keris di beri nama-nama oleh beliu para empu pemcipta keris.keris Bali

keris

keris

Pamor Bugis
Pamor bugis adalah pamor yang cahayanya kurang terang menempelnya di badan keris bila di raba terasa membendul menggelombang keluar.
Pamor Mrambut
Pamor mrambut adalah pamor yang menempelnya di bagian keris terlihat miring ke arah luar.keluarnya pamor berserat-serat seperti rambut.
Pamor Galih
Pamor galih adalah pamor yang menempel di badan keris.Kelihatan memberendul dan putus-putus seperti melelehnya lemak atau gajih yang menenes,jika diraba terasa ketebalannya.
Pamor Sanak
Pamor sanak adalah pamor yang hampir sama dengan pamor bugis. tidak begitu terang cahayanya hanya perbedaannya mengenai perabaan dalam pamor ini bila di raba tidak terasa membendul keluar seolah olah badan keris ini tidak di tambah penempelan apa-apa
Pamor Brondol
Pamor br0ndol adalah pamor yang keluar menjorok keluar kadang-kadang melebihi ujung keris dan kadang kadang menonjol menjorok melebihi badan keris.
Pamor Buntel Mayit
Pamor buntel mayit adalah pamor yang menempel di badan keris sering melebihi badan dan terus melilit membungkus atau mengikat badan keris itu.
Pamor Pejetan
Pamor pejetan adalah pamor yang menempelnya di badan keris seperti cap ibu jari yang dijajarkan dekat-dakat dan jika di raba gambaran tersebut  seperti melegok ke dalam.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: