Rumah Adat Indonesia

9 08 2009

Rumah Adat Bali
Warna Tradisional,Warna Alam

Ragam hias pada bangunan tradisional Bali umumnya menampilkan warna Asli warna bahan yang merupakan warna alam. Untuk bentuk bentuk lelengisan dan pepalihan keindahan warna alam merupakan penonjolan ke indahan hiasan.

Rumah tradisional Bali

Rumah tradisional Bali

Kelembutan atau keserasian bentuk bentuk ukiran juga di dukung  oleh kelembutan dan keserasian warna warna asal dari jenis jenis batu alam atau jenis jenis kayu yang di ukir. Hiasan-hiasan  tatahan pada logam emas,perak,tembaga,kuningan,perunggu didukung pula oleh warna logamnya.Kombinasi beberapa warna juga merupakan cara-cara penampilan keindahan pola-pola hiasan dari berbagai warna alam. Bebaturan yang dibangun dari bahan dasar batu buatan dapat divariasi tekstur,warna,dan besarnya batu-batu pasangan.

Hiasan pepalihan atau lelengisan pada bebaturan bangunan dengan pasangan batu atau batu buatan di susun dengan pasangan batu.Profil batu yang telah di bentuk sesuai dengan pola-pola hiasan dipasang dalam susunan yang membentuk bentuk bentuk hiasan bebaturan.Batu-batu di pasang telanjang memperlihatan warna aslinya.Bidang-bidang hubungan di ratakan halus di rangkai dengan perecat cairan halus sehinga garis-garis siarnya terlihat tipis halus.Perekat tradisional menggunakan lembung halus untuk batu padas,brem (air beras ketan yang di ragi)dipakai untuk pasangan batu karang laut yang putih halus.Untuk pasangan batu bata halus dipakai perekat tuak (air irisan bungan kelapa) brem dan tuak umunnya di pakai untuk diminum.Dalam perkembangan teknologi dan teknik konstuksi pasangan pasangan tradisional juga menggunakan cairan semen untuk perekat pasangan.Sebagai hiasan tradisional yang menonjolkan keindahan warna-warna alam dari batu-batu pasangan,batu-batu disusun bervariasidari batu sejenis atau kombinasi beberapa jenis batu.

Sumber:
Rumah Tradisional Bali


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: