Teknik Mengecat Yang Unik

29 08 2009

Bila menginginkan aksentuasi pada dinding rumah anda,cara lain selain menggunakan wallpaper adalah dengan melakukan teknik pengecatan yang sedikit berbeda dari pengecatan biasa. Dengan menggunakan kain,busa dan kuas besar sebagai peralatan tambahan, akan dihasilkan beragam tekstur berpola unik pada dinding yang memberi kesan trendi.

Agar hasil maksimal, diperlukan dua lapis cat dengan warna yang berbeda. Lapis pertama berfungsi sebagai cat dasar dan lapis kedua membentuk pola yang hanya dapat di kerjakan sewaktu cat masih basah.

Teknik pengecatan dengan menggunakan kain sebagai media akan menghasilkan tekstur dengan pola-pola yang tidak beraturan bila kain ditepuk-tepuk pada cat dasar. Sebaiknya, pola-pola yang lebih teratur dapat anda hasilkan dengan menggulung-gulung kain secara vertikal pada cat. Haruh diingat pola-pola menarik hanya akan dihasilkan bila cat dasar yang digunakan berwarna lebih muda dari pada cat yang melapisi.

Gunakan busa dengan cara menekan-nekan permukaan obyek setelah busa dicelupkan pada cat. Bila menggunakan dua atau lebih warna sebagai pelapis, teknik ini akan menghasilkan efek yang lebih menarik.

Pola-pola bergelombang silang menyilang, Vertikal maupun diagonal dapat diperoleh dengan menggunakan kuas besar kering yang berfungsi melembutkan dan menghapus sebagian cat sehingga warna cat dasar akan terlihat.

Bila menginginkan efek serat kayu kuas besar yang kering di perlukan untuk menbentuk tarikan garis vertikal pada cat yang masih basah. Teknik ini memerlukan cat transparan  sebagai lapis ke dua.

Tekstur yang baik, dapat dihasilkan tampa perlu mencampur jenis cat yang berbeda pada setiap proses pengecatan. Gunakan jenis cat yang sama untuk setiap pola yang dikehendaki. Bila menggunakan cat emulsi sebagai lapis dasar, anda harus mengombinasikan dengan cat emulsi. Bila menggunakan cat minyak, sebaiknya digunakan pula cat minyak sebagai pasangannya .

Bereksperimen dengan berbagai teknik pengecatan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan.Penampilan dinding di rumah anda pun akan tampil lebih menarik dan berkelas.


Aksi

Information

One response

17 10 2009
ahmad khuzairi

bang kirimkan contoh gambar yang dimaksud terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: