Memadukan Dapur Modern Dengan Sentuhan Tradisional

20 12 2009

Dapur modern

Dengan berkembangnya budaya dan teknologi, Design Dapur selalu berubah-ubah. Perencanaan dapur modern sekarang mengikuti prinsip segitiga yang menyatakan bahwa 3 fungsi utama dapur adalah penyimpanan (seperti kulkas), persiapan, dan memasak.
Dulu, dapur adalah bagian rumah yang kerapkali disembunyikan, letakknya ada di belakang yang tak terjangkau oleh
tamu. Tapi, kehidupan moderen dan era rumah kecil telah mengubah itu semua.

Ada sejumlah trik agar dapur bernuansa indah dan lega tapi tidak mengurangi fungsinya

1. Rancanglah dengan cermat di mana Anda akan “menyimpan” mulai dari peralatan-peralatan dapur, bahan makanan, sampai sampah dapur.

2. Pilihlah bentuk dan desain kabinet sesuai dengan tema yang Anda pilih. Dapur yang kecil amat cocok dengan gaya desain minimalis. Namun, tak salah juga bila Anda memilih gaya eklektik atau country.

3. Pilih warna-warna yang cerah untuk memberi kesan lapang. Anda bisa memilih warna-warna hangat seperti oranye, kuning, merah. Tapi sebaiknya pilih yang tak terlalu mencolok. Bisa juga Anda memilih warna-warna dingin seperti biru, hijau, namun pilihlah yang muda dan tak terlalu gelap.

4. Cocokkan keramik dan warnanya dengan tema yang dipilih. Keramik sebaiknya dipasang rata di tembok agar tak ada celah antara kabinet dan tembok.

5. Perhatiudarakan sirkulasi , air, dan aliran listrik di mana harus ditempatkan. Bila perlu pasang exhaust fan untuk membuang asap keluar dapur.

6. Cermin bisa digunakan untuk memberi kesan luas.

7. Gunakan elemen-elemen yang relatif seragam. Itu akan membuat dapur lebih enak dilihat dan terlihat bersih.

8. Kreatiflah. Anda bahkan boleh menggunakan elemen batu alam, lantai beton bikinan sendiri, meja kayu dengan sentuhan tradisional.

Apabila memiliki area dapur yang cukup luas, tak ada salahnya untuk meletakkan area memasak di tengah ruangan dan menghadap ke ruang tengah seperti yang kerap ditemui di rumah makan Jepang, di mana tamu bisa melihat langsung proses memasak. Dengan begini, sambil memasak Anda tetap dapat memperhatikan anak yang sedang bermain, terutama bila memiliki anak yang masih kecil.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: