ANGKUL-ANGKUL

2 01 2010

Angkul-angkul adalah sejenis pemesuan dalam bentuk yang sederhana yang merupakan perkembangan dari peletasan yang di beri tambah atap yang meng-ungkuli/ungkul-ungkul (berada di atas kepala) terhadap orang yang lewat. Lambak launpenyebuktan pemesuan yang ungkul-ungkul terhadap orang yang lewat menjadi angkul-angkul

angkul-angkul


Jenis Angkul-angkul
Berdasarkan ruang atau halaman depan angkul-angkul dapat dibedakan atas:
1. Angkul-angkul yang hanya memiliki halaman depan merupakan angkul-angkul dengan tingkat yang sederhana. Angkul-angkul ini terletak dalam segaris dengan tembok penyengker.
2. Angkul-angkul yang hanya memiliki lebuh berbentuk mulut kodok merupakan angkul-angkul yang lebih disempurnakan untuk meningkatkan kesan meruang.
3. Angkul-angkul dengan jaba sisi merupakan salah satu mandala dari Tri Mandala pada suatu pekarangan. Angkul-angkul jenis ini memiliki ruang atau sudut pandang yang cukup untuk menangkap keagungannya. Angkul-angkul jaba sisi dapat ditemukan pada rumah masyarakat dengan strata sosial lebih tinggi dibanding masyarakat kebanyakan.
4. Angkul-angkul dengan anjak saji salah satu mandala dari Sanga Mandala suatu pekarangan. Angkul-angkul dengan ancak saji merupakan angkul-angkul dengan tingkal paling sempurna.

Sumber
Rumah Tradisional Bali


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: