Makna Angka Sembilan

15 03 2010

Sembilan (sanga)

Pengertian tentang angka Umat Hindu khususnya di Bali mengakui bahwa angka yang tertinggi adalah angka sembilan (sanga). Sedangkan angka sepuluh sebenarnya merupakan angka ulangan yang terdiri dari angka 1 dan 0. Demikian juga dengan angka sebelas dua belas dan seterusnya semuanya angka pengulangan kembali.

Dewa Siwa


Angka sembilan juga dihormati oleh umat Hindu dalam hubungan dengan Dewata Nawa Sanga yaitu Sembilan Dewa yang menguasai sembilan penjuru Mata Angin yaitu Dewa Iswara (timur) Dewa Mahesora(tenggara) Dewa Brahma(selatan) Dewa Rudra (barat daya) Dewa Mahadewa(barat) Dewa Sangkara(barat laut) Dewa Wisnu(utara) Dewa Sambu(timur laut) Dewa Siwa(tengah).

Dewa Brahma


Disamping itu angka sembilan juga dihubungkan dengan jumlah lubang yang dimiliki oleh tubuh manusia yaitu 7 di kepala dan 2 ditubuh bagian bawah. sedangkan puser tidak merupakan lubang . Karena itulah kita mengenal nawa dwara (9 lubang ditubuh kita).

Dewa Wisnu


Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi di bulan ke sembilan(kesanga) momentum hari raya Nyepi yang merupakan hari raya suci dan tahun baru caka bagi umat Hindu hendaknya di maknai sebagai sebuah penghormatan terhadap alam beserta isinya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: